Senin, 22 April 2013

Tips Untuk Menguatkan Sinyal Hp Yang Naik Turun


Begitu kesalnya kita pas lagi asyik-asyiknya telfon tiba-tiba terputus. Padahal batere masih penuh, pulsa lebih dari cukup. Wah jangan-jangan dikerjain nih sama operator. Berburuk sangka nih…sory ya mas/mbak operator sekalian…he..he..he. Setelah dicari-cari, penyebabnya adalah sinyal pada handphone yang sedang kita pakai buat telfon itu turun naik, kadang hilang entah lari kemana. Bener-bener ga bisa diajak kompromi nih si handphone. Yaa begitulah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Sinyal ga stabil, apalagi pada handphone yang menggunakan 2 kartu sim. Jika handphone sedikit kena benturan atau jatuh, kemungkinan akan muncul permasalahan seperti itu. Sebelum kita membawanya ke teknisi servis handphone, cobalah tips ini dulu. Siapa tahu berhasil kan ga usah keluar duit lagi.

Coba bersihkan kedua sisi konektor antena tersebut. Tujuannya adalah biar kedua konektor itu menempel lebih erat. Lalu cobalah di nyalakan, sinyal sudah stabil atau masih naik turun.
Klu ternyata sinyal masih ga stabil, cobalah solusi kedua yaitu dengan melakukan jumper pada konektor antena. Tetep masih ga ada perubahan, dengan sangat terpaksa sekali kita harus membawa handphone tersebut ke teknisi . Dengan catatan kalau kita masih ingin terus memakainya dan belum ada niatan untuk ganti.
Karena kalau sudah kita coba kedua solusi tersebut dan ternyata tidak berhasil, bisa dipastikan salah satu komponen IC ada yang rusak dan perlu diganti. Biasanya yang sering terjadi pada IC RF Processor.
IC ini bertugas memproses sinyal, baik yang masuk maupun sinyal keluar. Kerusakan pada IC ini menyebabkan sinyal pada handphone menjadi tidak stabil.
Selain IC RF ada lagi IC PA (bertugas sebagai penguat sinyal) yang jika kalau rusak juga mengakibatkan sinyal tidak stabil. Untuk IC ini kemungkinan rusak lebih kecil, jadi kemungkinan besar kerusakan ada pada IC RF.
Dan untuk melakukan reblow (pemanasan ulang) ataupun penggantian IC tersebut, hanya bisa di lakukan oleh seorang teknisi handphone yang berpengalaman. Karena untuk pasang maupun cara lepas IC ini tidak bisa asal-asalan. Peletakan kaki-kaki IC harus benar-benar tepat. Sedikit meleset sudah bisa dipastikan handphone ga bakalan mau nyala. Yaa karena tingkat resikonya yang bisa membuat handphone jadi mati total, sangat disarankan jika kerusakan handphone sudah mencapai tahap penggantian IC lebih baik kita membawanya ke teknisi handphone.
Semoga Bermanfaat……

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukkan komentar Anda....Sebuah komentar lebih berarti dari pada tidak sama sekali.......

Artikel Lainnya

Loading...

Blogger news

Chat Box