Senin, 22 April 2013

Solusi Awal Mengatasi Baterai Handphone Boros



Sebagai pengguna handphone, pasti sudah bukan merupakan hal yang aneh jika sewaktu-waktu kita merasakan ketidaknyamanan pemakaian pada handphone yang kita pakai. Ada beberapa kerusakan yang sering kita temui. Seperti batere cepat habis, sinyal tidak stabil, keypad hang, charger tidak berfungsi, LCD blank, dsb. Di bawah ini ada beberapa tips ringan yang bisa kita coba, sebelum kita membawanya ke teknisi servis handphone. Sebab dari salah satu kerusakan handphone tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Dari tingkat kerusakan yang bersifat ringan ataupun parah. Tidak ada salahnya kalau kita coba sedikit tips ringan ini.

  • Batere Cepat Habis.
  • Jika masalah yang terjadi karena batere cepat habis, coba perhatikan 3 konektor batere yang terbuat dari kuningan. Fungsinya adalah untuk menyalurkan energi listrik dari batere ke mesin PCB handphone. Perhatikan solderan yang terletak pada bawah kaki konektor tersebut. Jika renggang atau tidak tersolder dengan baik, arus dari batere tidak akan tersalurkan dengan sempurna sehingga hal ini menyebakan batere cepat habis. Untuk mengatasinya lakukan soldier ulang.
  • Bersihkan konektor batere tersebut. Barangkali terjadi karat atau jamur yang menyebabkan konektor tidak erat menempel pada batere. Ini juga menjadi salah satu kemungkinan yang menyebabkan batere handphonemenjadi boros.
  • Perhatikan komponen ELCO (biasanya berwarna hitam) di samping konektor batere. Jika bentuk fisiknya sudah menggelembung kemungkinan terjadi kebocoran arus listrik pada komponen tersebut sehingga membuat batere handphone cepat habis. Untuk pengujian ELCO, dapat digunakan multitester dengan posisi X1. Tempelkan pada kaki ELCO positif yang mempunyai tanda strip putih, sedangkan yang negatif berada pada sisi yang lain. Hasil pengujian jarum multi harus bergerak. Setelah itu, lakukan pengujian dengan cara terbalik. Jarum multi harus diam. Jika bergerak menandakan adanya kebocoran pada komponen itu. Komponen ELCO memang tidak dijual, sehingga untuk menggantinya kita gunakan dari handphone lain atau kanibal.
Semoga Bermanfaat….

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukkan komentar Anda....Sebuah komentar lebih berarti dari pada tidak sama sekali.......

Artikel Lainnya

Loading...

Blogger news

Chat Box